Rabu, 27 Januari 2010

VALIDITAS DAN RELIABILITAS


Validitas dan Reliabilitas
Suatu alat ukur dinyatakan sebagai alat ukur yang baik dan mampu memberikan informasi yang tidak menyesatkan, apabila telah menemui beberapa kriteria yang telah ditentukan yaitu valid dan reliabel. Oleh karena itu agar kesimpulan penelitian tidak memberikan gambaran yang jauh berbeda dari keadaan-keadaan sebenarnya maka diperlukan uji validitas dan reliabilitas dari alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini.
  Validitas
Validitas mengandung pengertian sejauh mana instrumen dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur (Sugiyono, 2003:4). Suatu skala dapat memiliki validitas yang tinggi apabila alat tersebut menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Pengujian validitas ini dapat dilakukan dengan menggunakan kisi-kisi instrument atau matriks pengembangan instrumen dengan materi pembelajaran yang diajarkan (Sugiyono, 2007:129). Dalam kisi-kisi terdapat variabel yang diteliti, indikator sebagai tolak ukur dan nomor butir item pertanyaan dan pernyataan yang dijabarkan dari indikator. Selain validitas isi, validitas dapat diketahui dengan melihat validitas item yaitu mengkorelasikan setiap skor item dengan total skor item yang diperoleh individu.
Pengujian validitas data-data keaslian butir dalam penelitian ini dengan menggunakan program komputer SSPS (Statisticial Package Social Science) for Windows versi 16.00, dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
            Rumus Korelasi Product Moment:
N.åxy - åx. åy
rxy =
             {( N. åx2) (åx)2.(N. åy2) – (åy)2)}

            Keterangan :
rxy    : koefisien korelasi product moment antara skor item dengan skor total
N      : Jumlah subjek
åx    : Jumlah dari keseluruhan skor item
åy    : Jumlah dari keseluruhan item skor total
åxy  : Jumlah perkalian skor item dengan skor total
x2        : Jumlah kuadrat skor item
y2        : Jumlah kuadrat total
Reliabilitas
Reliabilitas merupakan terjemahan dari kata reliability yang berasal dari kata rely dan ability, pengukuran yang mempunyai reliabilitas tinggi disebut sebagai pengukuran yang reliabel.
Dalam aplikasinya, reliabilitas dinyatakan oleh koefisisen reliabel yang angkanya berada dalam rentang dari 0 sampai dengan 1,00. Semakin tingginya koefisien reliabilitas mendekati angka 1,00 berarti semakin tinggi reliabilitas. Sebaliknya koefisien yang semakin rendah mendekati angka 0 berarti semakin rendahnya reliabilitas (Azwar, 2005: 83). Dalam penelitian ini, reliabilitas akan diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Rumus Alpha Cronbach

α =        [ n ]        [ 1- ∑Sj²]
    N-1              St²


Keterangan :
n          : Jumlah subjek
∑Sj²     : Varians belahan
St         : Varians total

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar